Inilah Ruang Kreatif untuk Refleksi dan Narasi Literasi: Corong Virus Emcho Menyuarakan Pikiran, Imajinasi, dan Emosi Tanpa Batas Ruang dan Waktu. Gigih Berjuang Lewat Tulisan!

Sunday, April 5, 2020

Serial Virus Emcho (1): MR. EMCHO, CETAR MEMBAHANA

Buku Karya Much. Khoiri (2020)

Oleh Achmida Sufiati Utami

Adalah bapak Much.Khoiri nama lengkapnya. Beliau salah satu dosen di Unesa Surabaya. Penulis nasional paling produktif. Aku mengenal beliau hanya lewat artikel yang sering dikirim melalui grup whatsapp dan facebook. Saat menulis artikel ini, aku pun belum pernah bertatap muka dengan beliau.

Hanya dengan membaca artikelnya, seakan aku sudah kenal lama dengan beliau.
Menurutku, beliau itu adalah sosok bapak literasi. Seorang bapak yang mumpuni dalam bidang tulis menulis dan dapat menjadi teladan dalam keluarganya. Jiwa yang matang, kebapakan, sayang anak dan istri, bahkan selalu menebarkan kebaikan-kebaikan dalam setiap tulisannya.

Ulasannya tidak membosankan. Membuat pembaca terlena hanyut dalam penjiwaan. Lugas, tegas, bisa juga santai dengan bahasa yang renyah. Terkadang guyonannya itu yang membuat pembaca tertawa sendiri hanyut dalam suasana. Tulisan-tulisan beliau pantas disebut cetar membahana, begitu mengena di hati pembaca. Dan selalu memberikan inspirasi, menambah wawasan, dan menghibur.

Ya.. Beliau pantas sekali menjadi panutan dan teladan dalam kehidupan sehari-hari serta dalam dunia pendidikan khususnya literasi.

Dengan hadirnya beliau sebagai pembina di grup Gerakan Guru Menulis (GGM), Kabupaten Malang sangatlah berarti untuk ikut serta mewujudkan visi dan misi GGM. Beliau dengan sabar dan telaten mengajak dan membimbing para guru, khususnya guru di jenjang sekolah dasar, untuk belajar menulis. Tak bosan-bosannya beliau selalu proaktif men-support para penulis pemula khususnya.

Terima kasih, Mr.Emcho--begitu nama panggilan kerennya. Ada juga yang memanggilnya Master Emcho. Dan beliau layak dipanggil bapak literasi yang artikelnya selalu cetar membahana.

Semoga Allah Azza Wajalla senantiasa memberikan kesehatan dan umur panjang. Dengan cetar membahananya Mr.Emcho akan terlahirlah penulis-penulis handal. Aamin Yaa Rabbal’aalamiin. []

Srengat Blitar, 28 Desember 2017

*Artikel dikutip dari buku Much. Khoiri “Virus Emcho Melintas Batas Ruang Waktu” (Sidoarjo, Tankali, 2020), hal. 1-3

No comments:

Post a Comment

Terima kasih banyak atas apresiasi dan krisannya. Semoga sehat selalu.

Dulgemuk Berbagi (6): TULISAN MENUNJUKKAN PENULISNYA

Oleh Much. Khoiri DALAM cangkrukan petang ini, setelah menyimak video-video tentang tokoh yang mengklaim dan diklaim sebagai imam besar, P...

Popular Posts