Inilah Ruang Kreatif untuk Refleksi dan Narasi Literasi: Corong Virus Emcho Menyuarakan Pikiran, Imajinasi, dan Emosi Tanpa Batas Ruang dan Waktu. Gigih Berjuang Lewat Tulisan!

Sunday, April 5, 2020

Serial Virus Emcho (2): GGM BERKOPDAR

Buku karya Much. Khoiri (Maret 2020)

Oleh Achmida Sufiati Utami

Gerakan Guru Menulis (GGM) yang berada di Kabupaten Malang merupakan organisasi yang mengajak para pendidik dari tingkat dasar sampai menengah atas untuk menggali potensi diri tentang literasi khususnya  menulis. Organisasi ini berada di bawah naungan Program Pascasarjana Universitas Raden Rahmad (Unira) Malang  yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Malang.

Hari ini Ahad 4 Februari 2018 berlangsung acara kopdar (kopi darat) perdana bagi GGM Kabupaten Malang sejak diresmikannya 1 April 2017 yang lalu. Acara ini digelar di RM Sumber Wareg Kebonagung- Pakisaji.

Kopdar perdana ini menghadirkan motivator Dr.HM.Taufiqi, SP., M.Pd Direktur Pascasarjana UNIRA Malang, International master trainer dan penulis buku-buku best seller.  Ikut hadir pula main-course Drs.Much.Khoiri, M.Si, seorang dosen, penulis buku FBS Unesa, perintis Jaringan Literasi Indonesia (Jalindo). Gelar kopdar perdana ini bertema “Tips Menulis Berbagai Genre Tulisan.”

Dr.HM.Taufiqi, SP., M.Pd dan Drs.Much.Khoiri, M.Si merupakan pembina dan pembimbing dalam giat menulis di GGM Kabupaten Malang. Pembina dan pembimbing lainnya berasal dari dosen di beberapa perguruan tinggi di Kabupaten Malang dan penulis nasional seperti bapak Dr. Sutejo Al Waroqi.

Dalam kesempatan ini Mr.Vicky (sapaan akrab Dr.HM.Taufiqi, SP, M.Pd) memberikan motivasi dan semangat kepada peserta kopdar bahwa power menulis itu secara syari'at perlu dimiliki dengan melakukan 4 i yaitu :

1. Iman /keyakinan: Dalam kegiatan menulis perlu adanya keyakinan yang kuat. Tanpa keyakinan yang kuat, sulit untuk mewujudkan kegiatan menulis. Kegiatan menulis akan banyak memberikan manfaat kepada diri sendiri maupun kepada orang lain.

2. Inspirasi: Menggali dan mengelola apa saja yang ada  di sekitar kita sebagai inspirasi untuk menuangkan sesuatu dalam kegiatan menulis.

3. Institusi: Dalam hal ini institusi para pendidik yang berada di wilayah Kabupaten Malang yang ingin belajar menulis secara profesional adalah dengan GGM. GGM merupakan organisaai yang  memfasilitasi aspirasi dan inspirasi para pendidik. GGM sebagai power literasi, khususnya di wilayah Kabupaten Malang, yang ke depannya akan menggelorakan semangat literasi ke seluruh pelosok Indonesia.

4. Imam/pemimpin. Dalam organisasi GGM ini terdapat para ahli di bidang literasi bertaraf nasional sehingga tidak diragukan lagi kemampuannya dalam mengajak para pendidik di wilayah Kabupaten Malang khususnya untuk mewujudkan program Satu Buku Satu Guru.

Pesan Mr.Vicky di akhir sambutannya mengingatkan bahwa “Untuk bisa menulis dengan baik dan profesional perlu berlatih dan berlatih serta update ilmu.” Beliau juga berharap para anggota GGM agar belajar menulis berbasis masalah.

Pada puncak acara, Mr.Emcho nama keren dari Drs.Much Khoiri, M.Si mengisi main course dengan tampilannya yang khas. Humoris, bahasanya gaul, semangat, pandai membangkitkan jiwa audiens, dan menghipnotis peserta untuk menyimak penjelasannya dengan khidmat. Beliau memberikan arahan dan bimbingan cara menulis yang baik dan profesional.

Pengalaman beliau dalam menulis dirintis sejak menjadi mahasiswa di semester tiga (1986/1987) dan berlangsung sampai sekarang. Pengalaman  pahit getirnya di awal giat menulis, namun  manis di akhirnya. Buku-buku karya beliau berskala nasional seperti: Write or Die: Jangan Mati Sebelum Menulis Buku (2017), Virus Emcho: Berbagi Epidemi Inspirasi (2017) yang baru saja terbit, dan SOS (Sapa Ora Sibuk): Menulis dalam Kesibukan (2016) yang terkenal dan saat ini dalam tahap penerjemahan ke dalam bahasa asing untuk bisa dinikmati pembaca luar negeri.

Menyimak paparan Mr. Emcho, beberapa tips untuk menjadi penulis secara profesional di antaranya : Pertama, memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai pemicu munculnya ide yang kemudian diwujudkan dalam tulisan. Ide segera dicatat agar tidak lupa.

Kedua, harus memiliki semangat yang konsisten. Semangat ini akan terjaga dengan adanya motto yang menggugah, seperti halnya motto Mr. Emcho yang berbunyi “Write or Die” (Menulis atau Mati). Motto beliau tercetak dalam buku Write or Die: Jangan Mati Sebelum Menulis Buku (2017)

Ketiga, wajib hukumnya meluangkan waktu khusus dengan mengkondisikan diri untuk melakukan kegiatan menulis secara istikomah. Setiap hari kita wajib menulis, jika berselang maka wajib menulis dobel sesuai jumlah hari yang ditinggalkan ketika tidak menulis. Ada semacam membayar utang seandainya ada hari yang kosong menulis.

Keempat, penulis pemula hendaknya selalu meng-update diri terutama ilmu tentang menulis. Salah satunya memahami berbagai genre tulisan, dan terus belajar menulis. Menurut beliau, bagi pemula menulislah selama satu bulan penuh, jika masa itu terlewati, maka akan memudahkan untuk setiap hari menulis. Kebiasaan akan membuat segalanya makin sempurna.

Kelima, belajarlah menulis secara syari'at, hakikat, dan ma'rifat. Menulis syariat itu menulis sesuai kaidah menulis. Menulis hakikat itu menulis yang mencapai maqam hakikat tulisan, yang telah dimuati kekuatan abstraksi filosofis penulisnya. Menulis makrifat itu tatkala kemahiran menyatu dengan diri penulis. Tulisan ma’rifat mantap isinya, enak diikuti, pas bahasanya, dan mengesankan.

Perlu dicatat, beliau menyampaikan dengan gamblang tentang tips menulis berbagai genre tulisan.Sampai pada batas waktu penyampaian materi, peserta kopdar merasa masih kurang dengan ilmu yang diberikan oleh Mr. Emcho.[]

Malang, 4 Februari 2018

*Artikel dikutip dari buku Much. Khoiri “Virus Emcho Melintas Batas Ruang Waktu” (Sidoarjo, Tankali, 2020), hal. 3-7



No comments:

Post a Comment

Terima kasih banyak atas apresiasi dan krisannya. Semoga sehat selalu.

Dulgemuk Berbagi (6): TULISAN MENUNJUKKAN PENULISNYA

Oleh Much. Khoiri DALAM cangkrukan petang ini, setelah menyimak video-video tentang tokoh yang mengklaim dan diklaim sebagai imam besar, P...

Popular Posts