Inilah Ruang Kreatif untuk Refleksi dan Narasi Literasi: Corong Virus Emcho Menyuarakan Pikiran, Imajinasi, dan Emosi Tanpa Batas Ruang dan Waktu. Gigih Berjuang Lewat Tulisan!

Sunday, April 12, 2020

Serial Virus Emcho (4): AMPLOP BERKAH DARI PAK EMCHO

Buku karya Much. Khoiri

Oleh A Mustamsikin Koiri

Sore tadi tukang pos dengan senyuman khasnya, menyapa penulis untuk mengantar sebuah amplop paketan. Dengan sigap penulis pun menghampiri tukang pos seraya menyapa dengan penuh akrab untuk sekadar mengherek-herek (baca: menandatangani, ed.) resi kiriman.

Sembari menerima amplop tersebut penulis, penulis membaca sepintas pengirimnya, seraya mengucap syukur dalam batin. Amplop kali ini benar-benar membuat penulis merasa amat bahagia. Bukan saja karena deretan kata yang ditulis rapi di luar amplop belaka, melainkan lebih pada isinya.

Sembari mengetahui pengirimnya, kemudian penulis meyakinkan dalam hati bahwa isi dalam amplop tersebut pasti sebuah buku. Ternyata, dugaan penulis semula benar. Bahwa isi amplop tersebut adalah sebuah buku--yang kemudian penulis namai dengan 'amplop berkah'.

Buku tersebut disusun dan dikirim langsung oleh Pak Emcho--sapaan akrab Much Khoiri---pegiat literasi, penulis kondang, dan dosen Unesa Surabaya. Dari pengirimnya, segenap pembaca pasti telah cukup banyak mengetahui, kemashurannnya di bidang literasi.

Buku kiriman Pak Emcho kali ini sungguh membawa kebahagiaan bagi saya. Selain oleh sebab buku ini dikirim langsung oleh penyusunnya, dalam buku ini terdapat segelintir paragraf yang saya persembahkan untuk Pak Emcho.

Sepintas buku ini merupakan efek virus literasi yang disebarkan oleh Pak Emcho. Virus-virus yang ditularkan oleh Pak Emcho sungguh telah menjangkiti segenap penulis dalam buku tersebut.

Selanjutnya, perlu dipahami dengan kata virus di sini bukan virus penyakit, melainkan virus penebar cinta literasi yang menjangkiti pembaca oleh sebab banyak hal yang bersangkut-paut dengan Pak Emcho. Termasuk yang bersangkutan dengan Pak Emcho adalah inspirasinya untuk selalu konsisten menulis. Ia selalu membawa inspirasi bagi siapapun untuk mencintai dunia literasi, baik inspirasi tersebut dengan membaca buku karya Pak Emcho, atau pun bersapa akrab melalui tatap muka dengannya.

Tidak dimungkiri, memang Pak Emcho merupakan sosok yang amat inspiratif dan humoris. Tulisan-tulisannya selalu menggugah pembaca untuk segera menulis.

Kenyataan yang demikian pun terekam jelas dalam buku ini. Buku ini memberikan informasi yang cukup memadai untuk meneguhkan betapa besar virus literasi yang telah ditebarkan oleh Pak Emcho.

Sebagai pemungkas tulisan ini, penulis berterimakasih banyak kepada Pak Emcho yang telah mengikutsertakan sederet kalimat dalam buku tersebut. Untuk keduakalinya, penulis amat berterimakasih atas buku gratisnya. Semoga Pak Emcho senantiasa mendapat keberkahan dari-Nya, serta terus dapat menginspirasi siapapun.[]

Wallahu A'lam Bisshawab.

Kediri, 23 Januari 2018.

*Artikel di atas diambil dari buku karya Much. Khoiri “Virus Emcho Melintas Batas Ruang Waktu” (Sidoarjo, Tankali, 2020), hlm. 10-12.

**Pesan buku, hubungi HP/WA: 081331450689 / 081233838789

No comments:

Post a Comment

Terima kasih banyak atas apresiasi dan krisannya. Semoga sehat selalu.

Dulgemuk Berbagi (6): TULISAN MENUNJUKKAN PENULISNYA

Oleh Much. Khoiri DALAM cangkrukan petang ini, setelah menyimak video-video tentang tokoh yang mengklaim dan diklaim sebagai imam besar, P...

Popular Posts